Manfaat-manfaat Belajar Bela Diri

"Ada banyak cara mempertahankan diri, baik yang dipelajari secara bertahap (ikut latihan rutin) atau sekedar teknik-teknik dasar. Gerakan-gerakan yang dipelajari ada yang bersifat mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang, ada juga yang lebih kompleks sehingga membutuhkan kesiapan fisik. Namun baik yang simpel ataupun yang kompleks, mempertahankan diri tetap membutuhkan keadaan fisik yang baik, setidaknya sehat. Dengan mempelajari cara agar bisa bela diri, banyak lho manfaat yang didapat, dan bisa dirasakan oleh semua orang baik tua/muda, pria/wanita. Mau tau apa aja?


Gerakan simpel, tapi tetap butuh kesiapan fisik

1. Belajar Bela Diri = Olahraga
Dengan belajar bela diri, maka anda akan mendapatkan dua manfaat sekaligus; anda melatih memori otot anda agar bisa mempertahankan diri disaat terdesak, dan menjaga kebugaran tubuh anda. Mari ambil contoh bela diri tinju. Pukulan jab merupakan jenis pukulan dasar, namun tetap saja membutuhkan energi yang tidak sedikit apabila ingin digunakan untuk membela diri. Untuk
mencapai tingkat dimana pukulan anda bisa digunakan untuk membela diri, maka latihan rutin diperlukan, baik dilakukan sendiri di rumah atau berkelompok di tempat latihan bela diri setempat.

Jelas gak ada yang berani macem-macem kalo anda bisa begini


2. Meningkatkan Kepercayaan Diri
Dengan mempelajari cara membela diri yang baik, maka tingkat kewaspadaan seseorang akan meningkat dan hal ini akan memberikan efek pada kepercayaan diri seseorang, khususnya pada wanita. Dengan mempelajari bela diri, kini anda lebih siap menghadapi situasi buruk yang mungkin saja terjadi.

Kalo ikut kelas self defense, anda akan mempelajari banyak hal

3. Belajar Hal-Hal Baru
Kalo anda memutuskan untuk ikut kelas bela diri atau kelas teknik mempertahankan diri, maka anda akan mendapatkan manfaat ekstra ini. Biasanya, si instruktur gak hanya mengajari anda teknik memukul/menendang, tapi juga mempelajari teknik-teknik yang bersifat situasional. Contohnya pada gambar diatas, apa yang harus anda lakukan kalo dicekek oleh orang jahat? Atau gimana kalo tiba-tiba ada yang menyerang anda dari belakang? Anda akan mempelajari hal-hal ini di kelas tersebut. Belum lagi anda akan berkenalan dengan orang-orang lain, lumayan tambah teman.

Tentunya masih banyak hal-hal lain yang bisa anda dapatkan, karena pengalaman setiap orang berbeda-beda. Bagi yang ingin tau beberapa teknik simpel untuk mempertahankan diri, bisa klik disini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua, have a good day!"
Source : http://barengfaris.blogspot.com/2014/08/manfaat-manfaat-belajar-bela-diri.html
Previous
Next Post »