Cara melarutkan PCB dengan HCL + H2O2 + Air


Kali ini akan mencoba membagikan sebuah trik Cara melarutkan PCB dengan HCL + H2O2 + Air.
Ada banyak cara untuk membuang lapisan tembaga pada PCB yang digunakan untuk rangkaian elektronika diantaranya adalah menggunakan larutan kimia HCL + H2O2 + H2O(air).

Marilah kita ikutin cara kerjanya seperti berikut ini :


Alat & bahan :
1. PCB polos yang telah didesain gambar jalur rangkaian.

2. Larutan Hidrogen Clorida (HCl) secukupnya.

3. Larutan Hidrogen Peroksida (H2O2) secukupnya.

4. Air mineral biasa (H2O) secukupnya.

5. Wadah plastik yang sesuai panjang x lebar PCB yang akan dilarutka.

6. Jam tangan untuk mengukur waktu pelarutan.
7. Kaos tangan karet.
8. Masker penutup mulut&hidung.
9. Baju tangan panjang.

Proses pengerjaan :
1. Pakailah pelindung badan seperti kaos tangan panjang, kaos tangan karet dan masker mulut&hidung karena bahan-bahan kimia ini sangat berbahaya bila kena tangan dan tersedot hidung, jadi harus ekstra hati-hati dalam menanganinya.

2. Masukan dan campurkan HCl, H2O2 dan Air dengan perbandingan 1:2:3 (misalnya : 1 tutup botol HCl dicampur 2 tutup botol H2O2 dicampur 3 tutup botol Air) ke dalam wadah plastik.

3. Patokan tinggi larutan kimia pada wadah tadi adalah harus merendam menutupi PCB yang sedang dilarut, apabila larutan belum bisa menutupi PCBnya maka silahkan tambahkan lagi larutannya dengan takaran yang sama 1:2:3.

4. Mulailah menghitung waktu dalam proses pelarutan sekitar kurang dari 5 menit saja, atau bisa juga dengan memperhatikan PCB yang sedang dilarut sampai lapisan tembaga yang tidak tertutupi tinta habis barulah PCB bisa diangkat.
5. Bila lapisan tembaga yang tidak tertutupi tinta desain telah sepenuhnya larut maka segeralah angkat PCB kemudian cucilah pada air yang mengalir agar bersih.
6. Setelah bersih kemudian keringkan dengan dilap kemudian dijemur atau didiamkan kena angin supaya cepat mengering, setelah kering kemudia bersihkan tinta desain PCB dengan tiner A agar benar-benar bersih.
7. Selamat kini PCB kita telah siap dilubangi pada bagian kaki-kaki komponennya dan selanjutnya tinggal dikasih komponen-komponen yang sesuai dengan rangkaian untuk kemudian disolder sampai berfungsi dengan baik.




Semoga bermanfaat..





Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
jeka
AUTHOR
March 29, 2020 at 10:13 PM delete

hcl dan h202 nya yg berapa persen ya .. dipasaran ada macem2 persennya

Reply
avatar