Pengertian dan Penjelasan Dasar Akuntansi

"Pengertian dan Penjelasan Dasar Akuntansi

Pengertian Akuntansi
Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.
Akuntansi berasal dari kata asing accounting yang artinya bila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia adalah menghitung atau mempertanggungjawabkan. Akuntansi digunakan di hampir seluruh kegiatan bisnis di seluruh dunia untuk mengambil keputusan sehingga disebut sebagai bahasa bisnis.
Fungsi Akuntansi
Fungsi utama akuntansi adalah sebagai informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan sutu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya. Akuntansi dibuat secara kualitatif dengan satuan ukuran uang. Informasi mengenai keuangan sangat dibutuhkan khususnya oleh pihak manajer / manajemen untuk membantu membuat keputusan suatu organisasi.
Laporan Dasar Akuntansi
Pada dasarnya proses akuntansi akan membuat output laporan rugi laba, laporan perubahan modal, dan laporan neraca pada suatu perusahaan atau organisasi lainnya. Pada suatu laporan akuntansi harus mencantumkan nama perusahaan, nama laporan, dan tanggal penyusunan atau jangka waktu laporan tersebut untuk memudahkan orang lain memahaminya. Laporan dapat bersifat periodik dan ada juga yang bersifat suatu waktu tertentu saja.


"
Source : http://basicakuntansi.blogspot.com/2013/03/pengertian-dan-penjelasan-dasar.html
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Unknown
AUTHOR
July 7, 2015 at 10:50 PM delete

Halo, nama saya Sahaja, korban penipuan dari tangan kreditur penipuan saya sudah membayar semua yang banyak 63 juta, karena saya butuh modal besar dari 550 juta, saya hampir mati, tidak ada tempat untuk pergi, bisnis saya hancur dalam proses saya kehilangan anak saya, saya tidak bisa tahan lagi .. semua ini terjadi September 2014, tidak semua sampai saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik Nyonya Lisa yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaan, ibu yang baik, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu Anda, bahwa mereka banyak scammers luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman dijamin cepat mendaftar hanya melalui ibu Lisa, melalui email.lisajeffersomloanfirm@gmail.com, lisajeffersomloanfirm@cash4u.com Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; sahajaputra112@gmail.com, datang untuk mendapatkan informasi know.please dia adalah satu-satunya tempat yang handal dan terpercaya. Tidak ada pajak. Tidak ada asuransi untuk membayar.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
July 23, 2015 at 6:34 PM delete

Halo,
Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Jika u ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya?
Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
datang lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan bantuan untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami dapat diandalkan dan memberikan manfaat dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email: lisajeffersomloanfirm@gmail.com atau lisajeffersomloanfirm@cash4u.com

Reply
avatar