Manfaat Khasiat Mengolah Jintan Hitam Untuk Kesehatan

"
Manfaat Khasiat Mengolah Jintan Hitam Untuk Kesehatan - Jintan hitam atau jintan hitam pahit adalah biji berbentuk kerucut berwarna kehitaman yang dihasilkan oleh tanaman yang berbatang lembut berbunga kuning. Dalam bahasa Inggris disebut black cummin.

Hendaknya kita jangan tertukar dengan jintan putih (Cuminum cyminum L. dari suku Apiaceae) yang lebih sering dipakai dalam masakan walaupun dipakai juga untuk jamu-jamu tertentu dan dalam bahasa Inggris disebut cummin.

Jintan hitam juga berbeda dengan jintan manis (Pimpinella anisum, L. dari suku Apiaceae) yang sama dengan adas manis (Inggris: anise, Belanda: anijs). Bahkan jintan hitam juga berbeda dengan jintan (Carum carvi, L. dari suku Apiaceae) yang dalam bahasa Inggris disebut caraway dan dalam bahasa Belanda disebut karwijzaad.

Jintan hitam juga harus dibedakan dari daun jintan, yaitu daun lonjong tebal berbulu dan berwarna hijau muda dari tanaman Plectranthus amboinicus (L.) Spreng. yang juga dipakai dalam pengobatan. Penjual obat di pasar bisa menolong Anda untuk memperoleh jintan hitam yang tepat.

Khasiat Jintan Hitam Untuk Kesehatan Dan Cara Pengolahannya



jintan hitam manfaat khasiat kesehatan cara mengolah pengolahan tips apa saja tanaman tumbuhan

Manfaat Khasiat Mengolah Jintan Hitam Untuk Kesehatan


Suku: Ranunculaceae

Kandungan & manfaat: Biji jintan hitam antara lain mengandung minyak atsiri, minyak lemak, dan saponin melantin, zat pahit nigelin, nigelon, dan timokinon. Minyak atsiri pada umumnya bersifat antibakteri, antiperadangan. Jintan hitam juga menghangatkan perut.

Kegunaan:
  • Mengobati radang pada selaput lendir pada mata yang menyebabkan penglihatan berkabut:

    2 sendok teh penuh jintan hitam dicuci. Seruas ibu jari bangle, seruas ibu jari kunyit, semua dikupas dan dimemarkan. Rebus dengan setengah gelas air sampai airnya tinggal setengah dari semula. Saring dan minum.
  • Menghilangkan keputihan:

    Sesendok teh penuh jintan hitam dicuci dan dilumatkan, 2 - 3 iris empu kunyit, 7 helai daun sirih yang tulang-tulang daunnya bertemu, dicuci dan direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Diminum 1x sehari sedikitnya selama sebulan.
  • Menghilangkan keputihan pada gadis remaja:

    2 sendok teh penuh jintan hitam, 3 tangkai pucuk beluntas, sedikit garam. Semua dicuci, dilumatkan. Beri segelas air. Saring dan peras dengan kain. Diminumnya pagi-pagi sebelum sarapan. Setelah sempuh pun sebaiknya sekali-sekali minum ramuan ini.
Demikianlah artikel berjudul Manfaat Khasiat Mengolah Jintan Hitam Untuk Kesehatan. Terima kasih telah meluangkan waktu Anda untuk membaca Manfaat Khasiat Mengolah Jintan Hitam Untuk Kesehatan. Semoga Manfaat Khasiat Mengolah Jintan Hitam Untuk Kesehatan bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga:

Manfaat Khasiat Mengolah Jambu Klutuk Untuk Kesehatan
Manfaat Khasiat Mengolah Jeruk Nipis Untuk Kesehatan
Manfaat Khasiat Mengolah Kacang Hijau Untuk Kesehatan
Manfaat Khasiat Mengolah Kapulaga Untuk KesehatanManfaat Khasiat Mengolah Katuk Untuk Kesehatan
"
Source : http://updatesehat.blogspot.com/2014/05/manfaat-khasiat-mengolah-jintan-hitam.html
Previous
Next Post »