Cara Penggunaan Kertas Transfer Paper Untuk Pembuatan PCB





Transfer Paper adalah jenis kertas yang berfungsi untuk mentransferkan atau memindahkan gambar ke media lain seperti logam, plastik, kertas biasa atau kain. Dalam bahasan ini kita akan memanfaatkan Transfer Paper untuk bidang elektronika terutama dalam proses pembuatan papan PCB(Printed Circuit Board/Papan Rangkaian). Proses pemindahan/transfer menggunakan Transfer Paper ini adalah dengan bantuan proses pemanasan terhadap kertas yang telah terdapat rangkaian jalur elektronika.

Lebih jelasnya mari kita ikuti instruksi berikut ini :

STEP 1 : Perasiapan bahan.

- Kertas Transfer Paper bisa di beli di toko-toko kertas atau toko online.

- Printer Laser Jet bertinta serbuk Tooner atau mesin Photocopy.




- Gambar desain rangkaian elektronika yang akan di cetak.

- PCB polos yang akan ditransfer gambar sirkuit.



- Setrika atau mesin pres untuk pemanas.



STEP 2 : Langkah Pengerjaan.

- Persiapkan rangkaian elektronika yang akan di terapkan pada papan PCB nanti dengan mencetaknya pada kertas Transfer Paper menggunakan printer laser jet bertinta serbuk toner atau bisa juga menggunakan printer injek{tinta cair) biasa pada kertas biasa namun harus di photocopy kembali ke kertas Transfer Paper dengan mesin photocopy bertinta serbuk toner. Kenapa harus serbuk toner ?? karena hanya serbuk toner yang bisa nempel di kertas Transfer Paper dan hanya serbuk toner yang bisa berpindah ke media lain dari kertas Transfer Paper.


- Siapkan PCB polos berlapis tembaga dengan membersihkan permukaan tembaganya dulu dengan dengan kawat pencuci piring/ampelas halus sampai kotoran dan lemak yang menepel hilang benar agar proses transfer gambar sempurna,



 -Kemudian letakan kertas Transfer Paper tadi dengan gambar posisi menempel(telungkup) pada permukaan tembaga PCB, atur posisinya dengan benar menurut perhitungan kita, kemudian lipatlah kertas membungkus PCB agar posisi kertas tidak bergeser kembali.


- Letakan PCB dengan posisi lapisan tembaga menghadap ke atas di atas bahan yang susah menyerap panas seperti di atas kayu/triplek dengan tujuan supaya proses transfer gambar lebih sempurna.



- Siapkan istrika panas dengan posisi suhu pada maksimal(terpanas), dan mulailah melakukan proses pengistrikaan ke atas kertas Transfer Paper dengan merata kurang lebih 3-5 menit saja.


- Diamkan kertas hingga mendingin dengan sendirinya, untuk mempercepatnya bisa di tempelkan ke keramik lantai atau di beri angin oleh kipas angin, jangan langsung sepontan diguyur air.


- Buka perlahan lipatan kertas jangan terburu-buru dengan memperhatikan apakah gambar di dalamnya apakah sudah menempel sempurna atau belum?? bila masih ada yaang belum nempel tutup lagi kertas dan lakukan pengistrikaan lagi di bagian yang belum nempel,



- Setelah dikira sempurna bisa dibuka lagi secara perlahan, dan bila telah dibuka seluruhnya tinggal di sempurnakan lagi bila masih terlihat panampakan yang belum tertutup sempurna tembaganya dengan menambalnya memakai spidol permanen/cairan tip-x.




- Dan SELAMAT kini PCB siap untuk di larutkan pada cairan pelarut tembaga seperti pelarut FeCl3(ferikloride).

Untuk lebih meyakinkan dalam praktek silahkan tonton video berikut ini :



Bila Anda membutuhkan kertas Transfer Paper buatan Jepang berkualitas silahkan pesan KLIK DISINI

Smoga bermanfaat !!
Previous
Next Post »