Cara melindungi Jalur PCB menggunakan Dry Film Photoresist

Tutorial kali ini adalah tentang dry film solder masker, dengan kata lain, adalah hal yang berwarna hijau yang ada di atas papan sirkuit.
Saya ingin menggunakan komponen smd di papan sirkuit saya karena saya tidak punya mesin bor terkomputerisasi dan dilakukan dengan tangan yang sedikit membosankan.

Solderan komponen smd di papan tembaga tanpa solder masker, terutama bagi kapasitor kecil dan resistor 402 dalam ukuran super kecil, menjadi tantangan yang cukup berat dan tentu saja mikro kontroler dengan hampir tidak ada ruang antara pin-pinnya lagi.

Jadi saya memutuskan untuk menggunakan UV pengganti tinta, terdengar cukup menarik dari orang-orang di internet.
Saya membeli pasangan jarum suntik dengan keberhasilan hanya satu kali, 0,1% dari saya bekerja dengan pcb yang cukup jelek dengan permukaan yang tidak rata sebuah bantalan dan vias mana tidak persegi yang dibulatkan.

Tinta kadang-kadang bagus, lain kali tidak. Menerapkan karya seni entah bagaimana rumit karena Anda harus meletakkannya di atas cat basah kecuali jika Anda menemukan rekaman keajaiban ini yang dijual di pasokan pengiriman yang mengkilap di satu sisi dan nyaris menempel cat, tetapi tidak selalu.

Apa yang pasti adalah bahwa Anda akan mendapatkan berantakan dan tinta agak sulit untuk membersihkannya dari tangan Anda.

Saya melakukan penelitian sedikit di web dan saya menemukan dry film untuk solder masker ini, setidaknya adalah makna kering tidak ada kegagalan dan mudah untuk menanganinya.
Aku mencoba dan bekerja luar biasa, tidak berantakan, mudah, cepat dan papan Anda terlihat hampir sebanding dengan yang profesional/pabrikan

Berikut langkah-langkahnya :

STEP 1 : Menyiapkan Bahan-bahan.

.Ini adalah bahan untuk membuatnya;

Laminator: Saya menggunakan laminator GBC heatseal H220 Quickstart Pouch ini agak mahal, seperti $ 86 dolar, tapi saya cukup yakin Anda dapat menggunakannya menggunakan mesin pres besi untuk melakukannya, prosedur yang sama yang digunakan untuk metode transfer toner Pastikan untuk menempatkan sesuatu antara besi dan film, seperti kain atau sepotong kertas dan tidak lebih dari memanaskannya.

Satu hal yang saya temukan adalah bahwa tidak semua besi atau tembaga di atas permukaan yang dingin meskipun tembaga mendapatkan toner panas dan film kering tidak dapat menempel dengan baik.
Suatu kali aku menyetrika karya seni saya di atas meja dapur saya di atas granit dan itu agak dingin dan toner tidak pernah ditransfer dengan benar ke tembaga. Pertama kali mencoba metode transfer toner dan bekerja dengan sukses adalah ketika saya sedang menyeterika tembaga di atas sepotong kayu. Hal yang sama berlaku untuk dry film solder masker.

Sumber cahaya UV yang saya gunakan adalah lampu kuku 36 Watts UV, $ 28 dolar di ebay.

Sodium Carbonate: Apa itu? soda abu atau soda cuci. Pergi ke toko besar di dekat Anda dan membeli sebesar $ 7 dolar, di bagian kolam renang, hal yang mengatakan PH increaser (soda ash), jangan membeli natrium Bikarbonat tapi harus Sodium Karbonat yang bubuk / bukan cair.





Dan akhirnya Anda membutuhkan kuas(sikat gigi bisa juga).

STEP 2 : Proses Laminating PCB








Prosedur ini sangat sederhana.

Pertama PCB jadi sudah digores/diampelas dan dibersihkan oleh tiner & detergen. Pastikan tidak ada minyak atau apapun kontaminan di PCB.

Potong dry film sedikit lebih besar dari PCB.
Film ini dibuat dengan dua lembar film pelindung transparan untuk sisi atas & bawah PCB.
Satu sisi adalah setting glossy dan yang lainnya setting dull. Dengan bantuan dua potong pita, angka 2, menghapus film pelindung transparan di sisi yang dull.
Paskan tepi film ke tepi PCB dan kemudian menjalankannya melalui laminator dengan 3 atau 4 kali pemanasan sampai yang terbaik. Hilangkan gelembung udara dan keriput pada PCB.

Biarkan dingin selama 1 menit.

STEP 3 : Pencahayaan.




 Menutupi PCB dengan vias yang cocok dan pad (pada software eagle misalnya).
Paparkan PCB di bawah lampu UV selama sekitar 1 menit.
Angkat dan biarkan istirahat selama 5 menit.

STEP 4 : Pelarutan.










Setelah 5 menit kemudian buka kedua film pelindung dengan bantuan isolatape.
Siapkan larutan 10 gram natrium karbonat pada satu liter air. Sebenarnya Anda bisa menggunakan lebih sedikit sehingga Anda dapat melarutkan 5 gram pada setengah liter air atau kurang.
Tenggelamkan PCB dalam larutan dan dengan lembut mulailah menggosok dengan sikat sampai semua pad dan vias terlihat bersih.
Meningkatkan tekanan menggosok bagi pelindung vias dan pad yang agak sulit untuk dihapus.
Bilas dengan air dan menghapus sisa dry film di tepi-tepi PCB.

STEP 5 : Finishing.





Lap PCB dengan lap dan biarkan mengering.
Paparkan lagi ke sinar UV selama setidaknya 30 menit untuk memperkuat masker solder.
Dan hanya itu. Kini Anda telah memiliki PCB sempurna dengan solder masker seperti profesional/pabrikan.
PCB Profesional siap di beri komponen !!!

Supaya lebih mengerti prakteknya silahkan tonton videonya do bawah ini :



Bila Anda membutuhkan Dry Film Photoresist silahkan dipesan klik DISIN

Terima kasih telah menyimak!!!
Semoga ini akan sangat membantu !!!
Previous
Next Post »