Cara melindungi Jalur PCB menggunakan UV Curable Paint





Di toko online Anda dapat membeli UV Curable Paint untuk membuat masker solder PCB di rumah, tapi petunjuk yang melekat bahwa ia datang dengan yang menyedihkan. Pada deskripsi lelang dan sedikit kertas yang akhirnya datang dengan itu semua katanya adalah.

- Oleskan cat pada PCB Anda
- Oleskan pada PCB dengan meliputi film masker transparan
- Paparkan di bawah sinar UV (atau matahari) selama beberapa menit
- Cuci kaki cat ekstra dengan bensin atau minyak dasar pelarut

Yang terdengar agak janggal dan tidak akurat untuk menyimaknya, jadi setelah beberapa penyelidikan dan eksperimen saya sudah dapat dengan panduan berikut ini.


STEP 1 : Bahan yang diperlukan.




- PCB jadi yang sudah ada jalurnya.
- UV Curable (bisa di beli di toko online kesayangan Anda).
- Plastik mika transparant atau kertas transparant untuk print pad dan vias jalur.
- ATM / Kartu Perdana bekas untuk penggosok mika.
- Lampu UV(Ultra Violet) atau sinar matahari.
- Selembar kaca seperlunya.
- Tiner untuk pelarut cat.
- Kertas tisu seperlunya.
- Lap seperlunya.

STEP 2 : Proses Pengerjaan.


Siapkan mika/kertas transparant untuk cetak Pad & Vias PCB(contoh pada eagle software) sebanyak 2 lembar sesuai dengan layout PCB yang telah dibuat.

Satukan kedua mika/kertas dengan posisi yang tepat sesuai gambar yang telah ditentukan.

Kemudian lem kedua layer mika/kertas tadi supaya tidak bergeser dan akan tampak lebih hitam pada gambar Pad & Vias sehingga nantinya sinar UV / matahari benar-benar terhalang oleh gambar hitam tersebut.

Siapkan PCB yang telah jadi dengan membersihkannya dahulu dari lemak atau kotoran lainnya dengan tiner & detergen sampai benar-benar bersih.

Kemudian oleskan sedikit UV Curable ke permukaan PCB hingga kira-kira bisa cukup untuk menutupi seluruh permukaan PCB dengan lapisan tipis nantinya.

Kemudian tutup dengan mika seperti gambar di atas.

Ratakan cat UV Curable ke seluruh permukaan jalur PCB sampai lapisan yang tipis mengkilat berwarna dengan menggunakan ATM/Kartu Perdana bekas dengan dilapisi mika tadi.

Kemudian yakinkan bahwa cat benar-benar rata menutupi permukaan jalur PCB dengan menekannya dengan bantuan kertas tisu.

Kemudian letakan print Vias & Pad (pada mika/kertas transparant tadi) tepat di atas mika penutup cat tadi, posisikan gambar Pad & Vias tepat pada jalur Pad & Vias PCB dengan tujuan supaya media yang akan di solder nanti terhalang dari sinar matahari/UV dalam proses penyinaran nanti, bila terasa sudah pas maka rekatkan sisi-sisinya dengan isolasi supaya tidak bergeser lagi.

Selanjutnya letakan selembar kaca bening di atas print Vias & Pad tadi dengan hati-hati jangan sampai posisi gambar bergeser.

Tempatkan semuanya di tempat pencahayaan yang terang baik itu di bawah sinar UV/sinar matahari.

Diamkan di bawah sinar selama kurang lebih 4 sampai 5 menit lamanya untuk proses pengerasan cat UV Curable pada PCB, namun bagian yang terhalang sinar oleh gambar print Vias & Pad pada mika/kertas transparant sebagai media solder akan tetap rapuh tidak mengeras.

Setelah 4-5 menit di penyinaran kemudian bukalah semua penutup sementara tadi (mika penutup cat, print Vias & Pad, kaca) untuk melihat hasilnya.

Berisihkan dengan tisu/lap sisa-sisa cat UV Curable yang menempel di sisi-sisi  PCB sampai bersih.

Berihkan sedikit-sedikit cat yang menempel pada permukaan media solder dengan tisu yang dibasahi oleh tinner pembersih cat sampai benar-benar bersih mengkilap..

Kemudian sinari lagi di bawah sinar UV/matahari untuk memperkuat lapisan cat pada PCB agar benar-benar mengeras dan tahan lama melindungi tembaga PCB dari korosi oleh udara.

SELAMAT !! kini PCB profesional/pabrikan telah siap di beri komponen sesuai kebutuhan.

Untuk lebih jelasnya tonton video berikut :



Bila Anda berminat memakai UV Curable Paint silahkan pesan klik DISINI

Semoga bermanfaat !!

Previous
Next Post »