Cara Setting Software IDE Arduino dan Upload Program ke Modul Arduino


Ada 5 (lima) menu utama yang terdapat pada bagian atas software IDE Arduino yaitu "file", "edit", "sketch", "tools" dan "help". Untuk setting board yang digunakan, Klik pada menu “Tools”, pada bagian “Board”, pilih sesuai dengan board arduino yang digunakan (dalam kasus ini adalah menggunakan board Arduino Uno).


Kemudian adalah setting port, pada bagian “Port”, pilih port yang tersedia (dalam kasus ini adalah COM7). Untuk beberapa keadaan di komputer lain, nama port yang ditampilkan bisa berbeda-beda.


Catan penting : Daftar port ini tidak akan ada jika proses instalasi USB driver belum dilakukan/tidak sempurna.

Cara Upload Program (Sketch) ke Board Arduino

Upload program/sketch adalah tahap dimana program akan ditanamkan/di masukan kepada/ke dalam board arduino (tepatnya ke dalam chip IC mikrocontroller-nya). Pada tutorial ini, diasumsikan bahwa kita telah selesai menulis/merancang suatu program/sketch yang akan ditanamkan pada board arduino. Untuk memulai meng-upload program, hubungkan modul board arduino ke komputer melalui USB, klik pada icon Panah Kanan seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini:


Proses upload/pengisian program/sketch akan berjalan selama beberapa detik. Jika tidak ada kesalahan pada kode program yang dibuat maka akan ada notifikasi “Done uploading” yang menandakan bahwa program/sketch telah berhasil di-upload ke modul board arduino.


Semoga bermanfaat !.
Previous
Next Post »