Cara Membaca & Mengisi Program Ic Atmega Dengan Extreme Burner


Syarat-syaratnya adalah :

  1. harus punya  program extreme burner, bisa cari di google.
  2. harus punya usbasp yang suport  dengan software  extreme.
  3. harus ada dua ic ,yang satu sudah berisi  program yang satunya yang masih kosong .
  4. harus sudah ada sismin atau sistem minimum untuk atmega.
  5. harus ada pc atau laptop .

Caranya :

  1. buka sofware extrime burner.
  2. sambungkan usbasp ke pc, ingat ! harus instal drivernya dulu.
  3. pasang ic atmega yang sudah berisi program ke sismin.  
  4. buka sofware extrime burner.
  5. banyak pilihan seperti mengatur "fuse bite","eprom" dan "flash setelah" semuanya terpasang dengan beres  sekerang klik saja read all jika kode-kode dalam program extime burner berubah berarti benar yang kita pasang ic yang sudah berisi program .tapi jika kode-kode masih berisi seperti "ffff", itu tandanya ic atmeganya masih kosong.
  6. kalo kodenya sudah masuk semua  seperti "flash","eprom", "fuse bite" biar jelas klik kotak yang bertulikan "flash","eprom", "fuse bite" jika sudah masuk semua kode-kode programnya kita bisa simpan file-filenya tersebut dan buat cadangannya.
  7. sekarang  cabut ic yang tadinya sudah di ambil kodenya dan sekarang masukkan ic atmega yang masih kosong dan coba di cek dulu sudah tersambung semua apa belum dan klik read all dan kode akan tampil "ffff", itu tandanya ic masih kosong.
  8. yang terakhir untuk memasukan program yang tadi di simpan ke ic yang kosong, tinggal klik tulisan "write all" dan pengisian program akan berjalan dan tunggu sampai selesai dan berhasil sekarang kita bisa mendapatkan ic duplikat dari ic atmega lainya.
Catan penting :
Semua cara di atas tidak akan berfungsi  jika ic atmega yang di baca tersebut sudah di lock atau di kunci oleh sang pemilik pemprogram pertamanya.

Semoga bermanfaat !

Previous
Next Post »