Cara Instalasi Usb Driver Modul Arduino




Sebelum dapat meng-upload(mengisikan) sketch (program) pada modul board arduino, dibutuhkan instalasi driver USB arduino terlebih dahulu. Karena kalau tidak !, proses upload program ke modul board arduino akan gagal. Ini bisa dikatakan adalah poin utama dari langkah ini.

Untuk pertama kali sekali mencoba modul arduino, langkah awal yang harus dilakukan adalah mencari berbagai sumber informasi terkait yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan modul board arduino sebagai mikrokontroler kita nantinya, salah satu informasi yang paling penting dari dokumentasi resmi pada situs www.arduino.cc adalah tentang bagaimana cara instalasi software dan driver USB pada perangkat windows (Link dokumentasi resmi: https://www.arduino.cc/en/Guide/Windows). Bila ternyata tutorial tersebut ternyata tidak bekerja pada perangkat yang digunakan, khususnya untuk instalasi driver. Instalasi USB driver yang bermasalah ini akan mengakibatkan "GAGAL" pada proses upload program ke modul board arduino.


Untuk mengatasi pesan tersebut, satu-satunya solusi adalah menginstal driver yang sesuai. Pertama-tama, hubungkan modul board arduino ke perangkat windows yang akan digunakan menggunakan kabel USB.

Kemudian download Driver untuk modul Arduino DISINI.


Tunggu beberapa saat hingga windows mendeteksi USB secara otomatis.


Kemudian pilihlah "Install from a list or specific location".


Lalu klik "Next", maka akan muncul seperti ini :


Klik tombol "Browse", arahkan ke CD driver software arduino , lalu arahkan ke folder Driver Arduino yang telah di download tadi.


Klik "OK" lalu "Next" , maka akan muncul penampakan seperti ini :


Kemudian klik tombol "Next".


Pilihlah "Continue Anyway"(bila muncul tampilan di atas), Sehingga akan muncul lagi serti di bawah ini :


Akhirnya klik "Finish", ini berarti proses instalisasi driver modul Arduino telah SELESAI.


Langkah tambahan selanjutnya adalah mengecek apakah proses install driver modul Arduino telah berhasil dengan baik ?,

Begini caranya :
Klik Start->my computer-> klik kanan, pilih Manage.


Kemudian akan muncul :


Klik pada bagian menu Device Manager kemudian pilih port (COM & LPT)
Maka kita akan mendapati sebagaimana berikut ini :


Gambar tersebut di atas menunjukkan bahwa modul Arduino Uno telah terinstall dengan sempurna dengan alamat di COM 1*, alamat com ini nantinya akan dipergunakan pada setingan IDE software Arduino untuk penulisan/upload program/sketch dari PC ke ARDUINO UNO (bahasa teknisnya disebut upload sketch).

Catatan :
Kata COM 18, dapat di ubah misal menjadi COM1, COM2, COM3 dan seterusnya.
Selain itu, pada proses install di beda komputer mungkin saja terjadi perbedaan nomer COM, misalnya di komputer  lain bisa jadi nomer COM nya COM 11, COM 8 atau yang lainnya.

Di posting yang lain mungkin akan kita bahas cara seting software IDE Arduino dan cara upload program ke modul Arduino melaui modul Arduino itu sendiri ataupun melalui USBasp downloader.

Sekian semoga bermanfaat !.
Previous
Next Post »