Review Buku : Be A Brilliant Writer

"
Everything to
"Be A Brilliant Writer"
By : Afifah Afra


Penerbit : Indiva Media Kreasi
Tebal : 272 Halaman
Tahun Terbit : Oktober 2011
ISBN : 9786028277419

Menulis adalah sebuah kegiatan yang akhirnya menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Mereka yang telah menyadari betapa banyak hal yang bisa didapatkan dari menulis, tentu akan menjadikan "menulis" sebagai sebuah ladang untuk memuaskan kebutuhan tersebut. Kepuasan batin adalah jawabannya. Ya, menulis adalah salah satu kegiatan yang dapat memberikan berbagai kepuasa batin kepada para pelakunya.

"Be A Brilliant Writer" merupakan hasil revisi dari buku serupa dengan judul "How to Be a Smart Writer" yang diterbitkan tahun 2006. Perkembangan zaman dan kemajuan teknologi telah membuat segala hal menjadi mudah terjangkit "penuaan dini". Hal ini pula yang membuat sang penulis memutuskan untuk merevisi buku ini, meskipun ilmu di dalamnya tidaklah usang.

Oleh karena itu, jika kita membandingkan buku ini dengan pendahulunya maka akan ada sedikit perubahan. Perubahan itu terletak pada beberapa tambahan yang tentu saja sudah disesuaikan dengan perkembangan jaman. Selain perubahan pada bentuk fisik, buku "Be A Brilliant Writer" ini mendapatkan sentuhan tentang bagaimana mempublikasikan karya, trik-trik menerbitkan buku, dan metode promosi.

Pada bagian awal buku, mbak Afifah Afra memaparkan bagaimana ia menjadi seorang penulis seperti saat ini. "Motivasi" merupakan bab yang menjadi bahan bakar bagi pembaca untuk tetap melanjutkan isi buku. Berbagai motivasi dan dorongan untuk menjadi seorang penulis tergambar dengan jelas, membuat para pembaca juga akan merasakan hal yang sama untuk menulis.

Bab dua, memasuki rimba kepenulisan. Pada bab inilah kita dapat membedah semua hal mengenai dunia tulis-menulis. Berbagai tips teknis dipaparkan untuk menulis cerpen, novel, artikel, puisi, esai, dsb.

Bab terakhir adalah "Writer-Preneur". Setelah membuat sebuah karya, langkah kita berikutnya adalah mempublikasikan karya. Di dalam bab ini, penulis membagikan pengetahuannya terkait dunia penerbitan, bagaimana lika-liku menerbitkan buku, hingga bisnis penerbitan disertai tips pemasaran dan sistem pengontrolan.
Baca buku ini. Dan kembalikan, jika Anda merasa tak terbakar semangatnya untuk menjadi seorang penulis.
Sebuah kalimat provokatif yang tertera di sampul halaman belakang buku ini, membuat tangan saya tidak ragu untuk segera membawanya ke kasir. Tentu saja, kalimat tersebut memang terbukti.

Buku ini berisi perpaduan antara motivasi dan trik yang diramu dengan apik. Pembakaran di awal dengan motivasi, teknis di tengah, kemudian bekal-bekal yang disajikan di akhir bagian buku.

Selain tips dan teknis kepenulisan yang disampaikan, penulis juga memberikan kesempatan bagi pembaca untuk memberikan ekspresinya. Di dalam buku ini tersedia halaman-halaman yang sengaja disajikan sebagai tempat bagi pembaca untuk latihan. Cara ini efektif digunakan sebagai terapi untuk belajar menulis.

Kiranya pembahasan mengenai urgensi internet bagi penulis perlu diperdalam. Misalnya penggunaan blog, media sosial, dan fasilitas lain yang dapat menunjang kegiatan kepenulisan.

Akhirnya, saya simpulkan bahwa buku ini cocok dibaca oleh semua orang yang benar-benar memiliki minat dan niat untuk menjadi seorang penulis. Kendati pun belum cukup merasa mampu atau punya dorongan, tidak masalah karena buku ini yang akan mendorong anda untuk "Be A Brilliant Writer". Empat dari lima bintang untuk buku non fiksi yang satu ini.

Review keenam
"
Source : http://semuaccara.blogspot.com/2014/06/review-buku-be-brilliant-writer.html
Previous
Next Post »