info agar AKI awet selalu top

"info agar AKI awet selalu top - kali ini ada dari otokrum tentang informasi memuaskan handal dari info agar AKI awet selalu top.


4 tips yang bisa Anda lakukan agar jenis aki basah motor Anda mampu bertahan lebih lama:

1. Cek ketinggian air aki

Secara berkala, dianjurkan 1 bulan sekali, cek ketinggian air aki motor Anda. Sifat aki / accu atau baterai sebagai penghasil daya listrik yang berbahaya dan mudah terbakar membuat pabrikan motor menyimpannya di tempat yang aman, karena letaknya yang tersembunyi itulah kadang membuat kita malas mengeceknya. Supaya awet dan sel-sel tidak mengering pastikan agar air aki tidak sampai kehabisan dan selalu pada level yang telah ditentukan. Jika terpaksa harus mengisi ulang selalu gunakan air aki yang terpercaya.

2. Membersihkan kutub + dan � dari kerak

Terkadang di musim hujan seperti saat ini aki menjadi lembab, sifat air hujan yang mengandung asam seringkali menimbulkan korosi kerak berwarna putih atau hijau muda pada kutub-kutub tersebut. Kerak-kerak tersebut dapat mempengaruhi proses penyaluran arus listrik dari aki ke motor Anda. Solusinya mudah, lepas aki dari dudukannya kemudian bersihkan dengan sikat besi atau menggunakan cairan WD40 lalu keringkan dan kecangkan kembali baut-bautnya. Baut yang tidak kencang akan membuat arus listrik menjadi tidak stabil dan dapat menimbulkan percikan api yang dapat membahayakan motor jika bersentuhan dengan bensin.

3. Memanaskan motor setiap hari

Idealnya minimal selama 10 menit setiap hari motor Anda yang menggunakan sistem karburator harus dipanaskan dengan cara menghidupkan mesinnya. Jangan membiarkan motor Anda berhari-hari tidak pernah dihidupkan. Cara ini sebenarnya bertujuan untuk melumasi komponen-komponen penting yang berada di dalam dapur pacu dan mengisi kembali daya listrik ke dalam aki Anda.

4. Pastikan kiprok masih berfungsi dengan baik

Terakhir adalah, pastikan kiprok atau regulator masih bisa berfungsi dengan baik. Jika Anda menemui kendala aki motor Anda sering kehabisan tenaga padahal aki masih dalam kondisi bagus dan air aki tidak pernah kehabisan atau lampu motor Anda sering putus, kemungkinan besar yang menjadi masalah adalah kiprok telah rusak. Kiprok tidak bisa diperbaiki satu-satunya cara adalah dengan membeli kiprok yang baru.


info agar AKI awet selalu top


Tag : informasi aki tips, jaga awetnya aki, aki lebih awet� "
Source : http://otokrum.blogspot.com/2014/08/info-agar-aki-awet-selalu-top.html
Previous
Next Post »