Buruh Susah, Salah Siapa?

"
Di tulisan kali ini gue mau ngebahas tentang fenomena yang lagi terjadi di Indonesia sekarang, yaak lo semua pasti udah tau kalo sekarang ini lagi rame dimana mana demo buruh menuntut kenaikan gaji, dari yang awal nya 2,2jt mereka nuntut kenaikan UMP jadi sekitar 3,7jt. gue atopun elo yang emang masih bisa dibilang sebagai buruh, seneng seneng aja kalo emang wacana ini bakal terealisasi, karena dengan adanya kenaikan UMP baru otomatis kenaikan gaji akan menyeluruh naik, bahkan sampe tingkat presiden.

Tapi patut juga elo semua pikirin, kenaikan yang signifikan bgtu bakal berdampak apa? gue disini bukan mau mandang gimana sama buruh yang khusunya,buruh pabrik yang demo itu. mereka musti sadar kalo kenaikan gaji yang mereka minta itu bisa dibilang ga masuk akal, karena hampir 60%. sebagai pengusaha yang ngebuka pabriknya disini mana mungkin mau kan, naikin upah mereka yang sampe 60%. pilihannya disini cuma ada 2, menaikan gaji ato buruh bakal demo dan stop produksi dan akhirnya investor rugi ato lebih milih cabut dari Indonesia.

Yang manapun keputusannya pasti akan merugikan 1 ato bahkan 2 belah pihak. Musti kita liat juga disini khusunya di Indonesia, buruh pabrik yang menuntut kenaikan gaji itu hanya karena mereka merasa pendapatan yang mereka terima, gak bisa menutupi biaya hidupnya. mereka yang rata rata bisa menerima gaji sampe 4jt dengan lembur mereka. tapi dengan pendapatan mereka yang seperti itu, mereka ga bisa me maintain kebutuhan sesuai gaji, sebagai contoh masih ada buruh yang bisa nyicil motor ninja 250, yang harganya sktr 40jt, yaa lo bayangin aja masuk akal ato enggak kalo gaji yang cuma sekitar 4jt, nyicil motor segitu plus harus menanggung biaya hidup mereka plus tanggungan.

Disini gue cuma mau ngebahas aspek pengelolaan keuangan mereka, buruh pabrik yang bisa nerima gaji 4 sampe 5 jt itu, adalah yang kerjanya 6 - 7 hari seminggu, dan lembur bisa 3 jam per hari. mereka menuntut kenaikan gaji bukan karena gak bisa menutupi biaya hidup mereka, tapi lebih ke pola hidup mereka, ga sedikit yang gue liat buruh pabrik yang tiap hari pasti beli rokok, motor mereka baru, atopun kalo yang lama pasti udah di modifikasi sesuai selera mereka. dan dengan gaya hidup mereka yang seperti itu mereka ngerasa pendapatan mereka saat ini kurang. emang udah jadi sifat dasar manusia yang gak pernah puas akan segala sesuatu, dan emang udah hak mereka juga untuk ngebeli apapun sesuai keinginan mereka, tapi lo musti nge garis bawahin ASAL mampu.

Bukan hal yang haram hukumnya bagi mereka buat ngebeli barang yang emang udah jadi impian mereka, tapi musti diliat lagi dari kemampuan finansial mereka, jangan karena mereka gabisa ngebeli barang yang bukan sifatnya primer, mereka nganggep gaji yang mereka terima itu ga sesuai standart hidup. harus bgt dipahamin kalo gaya hidup lah yang mengikuti pendapatan, bukan pendapatan yang mengikuti gaya hidup.

Mereka sendirilah yang bisa ngebantu untuk bisa mensejahterahkan hidupnya, sebagai contoh kalo mereka tiap hari musti beli rokok, kalo bisa nge stop kebiasaan beli rokok nya, brp banyak yang bisa di saving buat kebutuhan lainnya. mereka juga musti tau kalo AFTA udah dibuka tenaga kerja kita bakal ga dipake lagi kalo tetep nuntut kenaikan sebesar itu, karena tenaga kerja di burma, myanmar jauh lebih murah dibanding Indonesia. ato kalo mau diliat dari segi produktifitas, Cina yang upahnya memang diatas kita tapi bisa di tekan untuk bisa berproduksi 3 ato bahkan 5x nya dibanding tenaga kerja kita, jadi apa mereka buruh Indonesia setuju dan mampu kalo gaji dinaikan sesuai keinginan mereka, tapi porsi kerja mereka dinaikan 5x dari normal, WDYT?

Yang harus mereka lakukan sebenarnya adalah bukan nuntut kenaikan gaji, tapi menuntut adanya fasilitas penunjang hidup, kayak Jaminan Kesehatan, adanya pelatihan yang bisa ngebuat mereka lebih berskill yang otomatis menambah harga jual individu nya, ato mereka harusnya menuntut untuk adanya jalur pendidikan bagi mereka yang masih kurang tingkat pendidikannya, karena mohon maaf rata rata buruh disana yang ngotot minta kenaikan gaji yang pendidikannya masih taraf SMA / SMK, jadi dibanding mereka menuntut kenaikan gaji, gue pikir mereka lebih baik nuntut hal hal diatas.

Bagi buruh yang sudah berkeluarga, harus lebih mikir lagi deh mau punya anak berapa, karena ga masuk akal bgt kalo pendapatan dengan cuma 4jt tapi nanggung istri, anak 2 ato bahkan lebih. pengelolaan keuangan juga aspek penting yang mereka harus belajar banyak kalo mau sejahtera, jd bukan semerta merta nuntut kenaikan gaji aja. saran gue ya disini harusnya buruh diberikan pembelajaran gimana pengelolaan keuangan dg baik dan benar, biar bisa memaksimalkan income dia buat kebutuhan hidupnya minimal tanpa perlu ngutang tiap bulan.dan perlu juga untuk mereka yg masih merasa kurang pendapatannya,seharusnya mereka mulai mencari cara mndpt pndptan tmbahan yang bisa dilakukan,baik usaha sampingan sendiri atopun bareng2.

Jadi lo semua udah bisa nyimpulin kan, Buruh susah itu salah siapa? :)
"
Source : http://trickyourmoney.blogspot.com/2013/11/buruh-susah-salah-siapa.html
Previous
Next Post »