Script Redirect PHP, HTML dan JavaScript

Redirect adalah mengalihkan sesuatu ke yang lainnya, sedangkan Redirect halaman adalah mengalihkan halaman ke halaman lainnya. Redirect halaman ini bisa dilakukan dengan  PHP, HTML, atau Javascript. Kita akan membahas satu-persatu cara paling mudah redirect page ini:






Redirect dengan PHP

Kita letakkan script PHP berikut di sembarang tempat pada webpage PHP kita:

<?php
header("location:alamat-tujuan");
?>

Dari script diatas kita ganti alamat-tujuan dengan alamat akan kita tuju.
Contoh:

<?php
header("location:http://online-service-yangkutahu.blogspot.com/");
?>

Contoh tersebut akan mengalihkan halaman secara otomatis ke http://online-service-yangkutahu.blogspot.com/ saat halaman tersebut diakses.

Redirect dengan HTML

Adapun script untuk mengalihkan suatu webpage menggunakan script HTML adalah sebagai berikut:

<meta http-equiv="Refresh" content="waktu-tunda; URL=alamat-tujuan">

Waktu-tunda timer waktu  yang diinginkan untuk tetap berada di halaman tersebut sebelum dialihkan ke alamat-tujuan. Waktu tunda ini menggunakan satuan sekon atau detik. Script diatas kita letakkan setelah tag <head> dan sebelum tag </head>.

Contoh:

<meta http-equiv="Refresh" content="10; URL=http://online-service-yangkutahu.blogspot.com/">

Kita akan dibawa menuju alamat http://online-service-yangkutahu.blogspot.com/ setelah 10 detik webpage tersebut kita akses.

Redirect menggunakan Javascript

Pengalihan dengan javascript ini bisa dilakukan dipasang pada halaman web yang bertipe PHP maupun HTML. Berikut ini adalah script redirect dengan javascript:

<script language=javascript>
setTimeout("location.href='alamat-tujuan'", waktu-tunda);
</script>

Waktu-tunda disini menggunakan satuan mili detik. Script diatas bisa dipasang diantara tag <head> dengan </head> maupun <body> dengan </body>.

Contoh:

<script language=javascript>
setTimeout("location.href='http://online-service-yangkutahu.blogspot.com/'", 10000);
</script>

Fungsi script diatas sama seperti nomor dua, yaitu mengalihkan halaman menuju http://online-service-yangkutahu.blogspot.com/ setelah 10 detik.

Demikian beberapa cara mudah dan cepat me-redirect halaman menggunakan PHP, HTML, dan Javascript. Semoga tutorial sederhana ini bermanfaat bagi yang sedang belajar (termasuk saya he he) membuat website dalam berbagai bahasa pemrograman termasuk, PHP, HTML, maupun Javascript. Smoga bermanfaat...salam
Previous
Next Post »