Cara Menampilkan Tanggal dan Waktu saat ini dengan Javascript

Kali ini kita akan menyajikan sesuatu yang sangat berguna baik di dunia maya ataupun di dunia nyata yaitu "WAKTU". Tanggal dan waktu ini dapat ditampilkan dengan menggunakan Javascript atau jQuery. Dan script ini dapat digunakan untuk membuat waktu/jam digital atau bisa juga digunakan untuk kepentingan lain misalnya digabungkan dengan fungsi menampilkan salam pagi, siang atau sore. 

Berikut ini script-scriptnya :




Tanggal saat ini:

Tanpa Nama Hari

<script type='text/javascript'>
<!--
var months = ['Januari', 'Februari', 'Maret', 'April', 'Mei', 'Juni', 'Juli', 'Agustus', 'September', 'Oktober', 'November', 'Desember'];
var date = new Date();
var day = date.getDate();
var month = date.getMonth();
var yy = date.getYear();
var year = (yy < 1000) ? yy + 1900 : yy;
document.write(day + " " + months[month] + " " + year);
//-->
</script>




HASIL


Dengan Nama Hari

<script type='text/javascript'>
<!--
var months = ['Januari', 'Februari', 'Maret', 'April', 'Mei', 'Juni', 'Juli', 'Agustus', 'September', 'Oktober', 'November', 'Desember'];
var myDays = ['Minggu', 'Senin', 'Selasa', 'Rabu', 'Kamis', 'Jum&#39;at', 'Sabtu'];
var date = new Date();
var day = date.getDate();
var month = date.getMonth();
var thisDay = date.getDay(),
thisDay = myDays[thisDay];
var yy = date.getYear();
var year = (yy < 1000) ? yy + 1900 : yy;
document.write(thisDay + ', ' + day + ' ' + months[month] + ' ' + year);
//-->
</script>




HASIL


Waktu/Jam saat ini (pasif)

Format 24

<script type="text/javascript">
<!--
var d = new Date();
var curr_hour = d.getHours();
var curr_min = d.getMinutes();
curr_min = curr_min + "";
if (curr_min.length == 1) {
curr_min = "0" + curr_min;
}
document.write(curr_hour + " : " + curr_min);
//-->
</script>




HASIL


Format AM/PM

<script type="text/javascript">
<!--
var a_p = "";
var d = new Date();
var curr_hour = d.getHours();
if (curr_hour < 12) {
a_p = "AM";
} else {
a_p = "PM";
}
if (curr_hour == 0) {
curr_hour = 12;
}
if (curr_hour > 12) {
curr_hour = curr_hour - 12;
}

var curr_min = d.getMinutes();
curr_min = curr_min + "";
if (curr_min.length == 1) {
curr_min = "0" + curr_min;
}
document.write(curr_hour + " : " + curr_min + " " + a_p);
//-->
</script>




HASIL


Karena ini merupakan jam pasif sehingga waktu/jam yang muncul merupakan waktu pada saat halaman ini di akses.

Waktu/Jam saat ini (aktif)

Format 24

<div id="clock"></div>
<script type="text/javascript">
<!--
function startTime() {
var today=new Date(),
curr_hour=today.getHours(),
curr_min=today.getMinutes(),
curr_sec=today.getSeconds();
curr_hour=checkTime(curr_hour);
curr_min=checkTime(curr_min);
curr_sec=checkTime(curr_sec);
document.getElementById('clock').innerHTML=curr_hour+":"+curr_min+":"+curr_sec;
}
function checkTime(i) {
if (i<10) {
i="0" + i;
}
return i;
}
setInterval(startTime, 500);
//-->
</script>




HASIL



Format AM/PM

<div id="clock"></div>
<script type="text/javascript">
<!--
function showTime() {
var a_p = "";
var today = new Date();
var curr_hour = today.getHours();
var curr_minute = today.getMinutes();
var curr_second = today.getSeconds();
if (curr_hour < 12) {
a_p = "AM";
} else {
a_p = "PM";
}
if (curr_hour == 0) {
curr_hour = 12;
}
if (curr_hour > 12) {
curr_hour = curr_hour - 12;
}
curr_hour = checkTime(curr_hour);
curr_minute = checkTime(curr_minute);
curr_second = checkTime(curr_second);
document.getElementById('clock').innerHTML=curr_hour + ":" + curr_minute + ":" + curr_second + " " + a_p;
}

function checkTime(i) {
if (i < 10) {
i = "0" + i;
}
return i;
}
setInterval(showTime, 500);
//-->
</script>




HASIL

Previous
Next Post »