Cara Mematikan wifi pada Modem Speedy Telkom Tanpa Menyentuh Modem


Kalau kita menggunakan layanan Telkom Speedy untuk internetan maka pasti ditawarkan bundling dengan modem WiFi agar dapat memakai jaringan hotspotnya di rumah. serta dipastikan ada multi user login. Adalah hal termudah untuk melihat bilamana kita login ke modem kita (192.168.1.1 atau 192.168.1.254) akan terlihat logo telkom seperti di atas.

Saat mengaktifkannya Wifi maka dipastikan akan ada 2 jaringan WLAN yang muncul, yaitu nama SSID yang kita buat sendiri dan satunya adalah Speedy Instan@wifi.id atau menggunakan nama SSID lain yang diakhiri @wifi.id.  Akibatnya kecepatan internet pelanggan sedikit banyak terpengaruhi oleh kehadiran pengguna lain yang mengakses SSID modem, sebab semua pengguna yang terhubung menggunakan bandwidth yang sama.

Tapi tidak usah cemas, bila Anda adalah salah satu pelanggan Speedy dan merasa terganggu, maka cara menonaktifkan wifi.idnya sebagai Berikut:

1. Aktifkan Telnet

 Pertama pastikan Telnet Anda di pc sudah aktif, jika belum, coba buka Control Panel – Uninstall Program.

Kemudian klik Turn Windows features on or off.

Kasih centang pada opsi Telnet Client dan Telnet Server lalu klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

2. Menghilangkan wifi.id dari modem Speedy 
Kemudian baru kita mulai proses menghilangkan Wifi.id dari modem Speedy, klik tombol Start – Accessories – Command Prompt atau klik tombol Start kemudian ketikkan cmd di kotak pencarian, nanti akan muncul hasil pencarian, klik cmd.


Bila Command Prompt berjalan di komputer maka ketikkan Telnet (spasi) IP default modem, contoh: Telnet 192.168.1.1 kemudian tekan enter. IP addresss ini berlaku untuk semua modem.
 

Kemudian ketikkan kata sandi atau password, default-nya “admin” tanpa tanda petik lalu tekan enter.Umumnya semua modem Speedy menggunakan sandi yang sama, selama belum dirubah. Sebaiknya jangan dirubah, jika lupa yang Anda dapatkan nanti hanya masalah.

Bila muncul merk modem di panel program, berarti kita sudah sukses masuk ke dalam sistem modem. Lanjutkan dengan mengetik rt setbssidnum 1 kemudian tekan enter. 

Bila berhasil Anda akan melihat pesan seperti ini.

Hasilnya akan terlihat sekarang seperti ini. 

Selamat Bereksperimen !!
Previous
Next Post »