Instrument Fusebit Doctor HVPP (High Voltage Paralel Programming)

HVPP (High Voltage Paralel Programming) adalah alat untuk mereset IC Atmega akibat salah pengaturan fusebit. Pernahkan kita melakukan kesalahan/lupa ketika mengatur fusebit IC Atmega yang baru sampai IC-nya tidak bisa digunakan lagi ? Hal ini kadang sering terjadi walaupun kita sudah sering biasa bermain dengan IC mikrokontroller. Ketika mikrokontroller salah pada pengaturan fusebitnya, maka yang terjadi mikrokontrol tidak bisa lagi di download/diisi program, ibarat mikrokontroller sudah mati walaupun sebenarnya bisa disebut mati suri.



Untuk memasukkan firmware ke mikrokontrol ini bisa menggunakan downloader biasa, atau bisa juga mendownload rangkaian downloader di web ini.Jangan lupa atur fusebitnya, jika menggunakan atmega8 setingan fusebitnya :

L: 0xE1
H: 0xD1

Tutorial video penggunaannya bisa dilihat disini, prinsip dasarnya adalah terdapat 3 buah soket kosong, dimana soket 40 pin bisa untuk atmega16, 32; soket 28 bisa untuk atmega 8, 168, 328; dan soket 20 pin bisa untuk attiny2313. Cara penggunaannya masukkan atmega yang bermasalah pada soket yang sudah disediakan, hidupkan rangkaian kemudian tekan tombol mikroswitch, jika led warna hijau yang menyala berarti mikrokontrol sudah ter-reset seperti baru lagi, tapi jika yang menyala led adalah warna merah berarti mirkokontroller sudah tidak bisa direset, harus ganti dengan yang baru.

Sumber : http://diy.elektroda.eu/atmega-fusebit-doctor-hvpp/?lang=en

Previous
Next Post »