Membuat Script PHP Form Email

Form email adalah salah satu fitur yang sangat menarik dalam sebuah website yang berfungsi untuk mengirim nama email, judul email dan isi pesan dari email itu sendiri. Saat menerima komentar atau pesan dari pengunjung website kamu biasanya menggunakan form HTML. Form HTML tersebut berfungsi untuk menerima komentar dari pengunjung, Setelah pengisi komentar atau pesan tadi menekan tombol submit, maka kita bisa menyimpan isi pesan tersebut dalam database MySQL atau mengirimkannya ke email.
Script PHP berikut ini adalah script PHP sederhana yang menunjukkan bagaimana kita bisa menggunakan PHP untuk menerima data dari form dan mengirimkannya ke email.
Pertama , mari kita coba buat terlebih dahulu script untuk membuat form HTML baru kemudian kita membuat script PHP untuk mengirim isi form ke email.
Silakan buat sebuah file dengan nama form_email.html, dan isi dengan kode-kode ini:

 form_email.html

<form method="post" action="send.php">

Email: <input name="email" type="text" /><br />

Judul: <input name="subject" type="text" /><br />

Pesan:<br />

<textarea name="message" rows="15" cols="40">

</textarea><br />

<input type="submit" value="KIRIM EMAIL"/>

</form>
 Caranya copy paste kode php di atas ke notepad lalu Save As - pilih All File - beri nama form_email.html lalu Save di dalam New Folder. Keterangan send.php adalah file file yang akan kita buat selanjutnya yang berfungsi untuk menerima data-data yang dikirimkan oleh file form_email.html di atas dan kode-kode yang berwarna merah lainnya merupakan variabel-variabel yang akan dikirimkan ke file send.php. Setelah di simpan maka bentuk form emailnya akan seperti berikut ini :

Email:
Judul:
Pesan:


Selanjutnya mari kita buat file send.php untuk penerima data-data yang dikirimkan oleh form di atas sekaligus mengirimkannya ke email kita atau ke email yang dikehendaki. Berikut ini adalah contoh scriptnya :

send.php
<?php

$email = $_REQUEST['email'] ;
$to      = 'Contoh@EmailAnda.com';
$subject = $_REQUEST['subject'] ;
$message = $_REQUEST['message'] ;

$headers = 'From:'.$email . "\r\n" .
    'Reply-To:'.$email . "\r\n" .
    'X-Mailer: PHP/' . phpversion();

mail($to, $subject, $message, $headers);

header( "Location: http://contoh.com/" );

?>
Perhatikan struktur php di atas..!, kode-kode yang berwarna biru merupakan variabel-variabel baru pada file form_email.html, dimana Contoh@EmailAnda.com = alamat email yang dituju dari pengiriman form dan http://contoh.com/ = url yang akan dibuka (direct url) setelah pengiriman data ke email selesai.

Simpanlah kode php di atas dengan nama send.php dan simpanlah dalam satu folder di New Folder bersama form_email.html, jangan lupa gantilah Contoh@EmailAnda.com dengan email Anda dan http://contoh.com/ dengan url Anda kemudian uploadlah ke server hosting Anda kedua file tersebut dan coba anda buka file form_email.html kemudian coba isi form tersebut dengan sembarang kemudian klik tombol KIRIM EMAIL dan akhirnya coba buka di inbox email Anda. SELAMAT ...! kini Anda telah berhasil membuat form email yang dikirimkan ke alamat email Anda melalui blog / website sendiri.
Previous
Next Post »